Wednesday, February 16, 2011

Tiada hari tanpa Kwetiau di Medan

Jenis makanan ini telah akrab di lidah abang-abang, adik-adik, ibu-ibu maupun bapak-bapak di kota Medan ini. Akrab dengan panggilan mie-tiau di pulau Jawa, jenis makanan ni lebih dikenal dengan nama Kwetiau di kota Medan. 

Warnanya yang mengoda, harumnya yang membuat air liurku beseluncur di atas lidah dan sesekali tergelincir keluar dari mulut saya membuat aku ingin sekali ke Medan makan kwetiau ini. Yang membuat kwetiau Medan spesial adalah cita rasa yang unik yang tidak dapat ditemui dimana-mana bahkan di hotel berbintang lima pun. Mungkin saja cara masak yang spesial ini membuat kwetiau di Medan ini tiada duanya. Jujur saja bahkan beberapa orang dari Singapura maupun Jakarta yang angkat jempol soal kelezatannya. Hanya satu kata yang dapat saya gambarin seberapa enaknya yaitu " MAKNYUS!!!"

Berbagai macam kwetiau dari halal sampe non-halal dapat ditemui di kota Medan ini, akan  tetapi kwetiau mana saja yang paling ramai dikunjungi orang-orang Medan?

1. Kwetiau Ateng 
Lokasi : Jln. Sumatera ; Jln. Wahidin; Jln. S. Parman
Spesial: Jln. Wahidin dapat menyajikan kwetiau Vegetarian akan tetapi anda   perlu tunggu.
Harga: IDR 21,000+
Restoran semulanya hanya mempunyai satu restoran saja, seiring bertambahnya pelanggan, pemilik restoran tersebut pun membuka cabang di jln. Wahidin samping internet cafe dan juga hotspot kuliner di Jln. S. Parman dimana si Ateng tersebut harus bersaing dengan kwetiau master lain seperti Kwetiau Ahong dan juga kwetiau penang di jalan S.Parman tersebut. 
Di rekomendasikan untuk santap di tempat. Dan jangan lupa saus merah begitu juga gorengan minyak babi yang cocok disantap bersama kwetiau tersebut.

2. Kwetiau Cie Mei
Lokasi : Jln. Sutomo
Spesial : Kwetiau polos
Harga : IDR 28,000+
Kedai ini hanya buka pada malam hari saja dan ramainya bukan main. Disarankan untuk santap di tempat kalau tidak mau tunggu terlalu lama dan juga jangan pergi terlalu malam jikalau tidak mau kehabisan. Menu terlaku disini kebanyakan adalah kwetiau campur mie polos dan juga kwetiau seafood. Dijamin sekali coba langsung ketagihan. Gambar hanya ilustrasi dikarenakan tidak tersedianya gambar kedai tersebut.
3. Kwetiau Ong
Lokasi : Jln. Selat Panjang
Harga : IDR 25,000+
Sekedar info, kwetiau ini banyak dipuji-puji kalangan maniak kwetiau. Kedainya yang lumayan sempit ataupun hanya dapat diisi maksimal 8 orang saja demi kenyamanan, maka disarankan untuk bawa pulang saja. Kedai ini bole dibilang sibuk sekali sampai-sampai orderan spesial tidak bakal dapat dipenuhi kecuali anda mau menunggu lama.


Masi banyak lagi tempat kedai kwetiau goreng yang memanjakan lidah anda. Tiga diataslah yang sering disebut-sebut orang lokal kalau soal kwetiau. Menurut anda kwetiau mana yang anda paling doyan di Medan? Silahkan komentar di bawah ini dan juga jangan lupa nge-rate artikel tersebut.


1 comment: