Wednesday, February 23, 2011

Kopiku Kopimu


Para pengemar kopi, tentu saja sudah tidak asing anda mendengar Starbucks, Black Canyon Coffee, J-CO. Tahukah sebelum dikomersialisasikan oleh perusahaan tersebut, jenis minuman ini sudah muncul di permukaan bumi ini sejak abab ke 13? Orang jaman dulu menganggap bahwa jenis minuman tersebut adalah ramuan yang dapat membuat anda segar sehingga dinamain cairan penyegar. Tentu saja seiring perkembangan jaman ditemuinlah jenis zat yang membuat kopi tersebut memberikan efek tersebut yang dinamain "Kafein". Kopi sekarang terkenal dimana-mana bahkan ada cafe yang spesialis menjual minuman tersebut seperti Starbucks, Gloria Jeans, Kopi Dante, Black Canyon dan lain-lain. 

Sudah seringkah anda minum kopi? Tahukah jenis kopi favorit anda? Jika anda melihat lebih seksama lagi ada lima menu kopi barat yang pasti bakal ditemuin di setiap kafe. Walaupun dengan nama berbeda, rasa, cara dan hasil pembuatan kopi tersebut tetap sama. Keenam kopi tersebut adalah :

1. Cappuccino
Photo Credit: John Valls
Menu kopi ini merupakan pesanan utama di kafe-kafe. Cappucino selalu dihidangkan diatas gelas mug. Lihatlah gambar disamping, Cappucino ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu gumpalan susu foam yang menonjol sedikit lebih tinggi dari gelas mugnya dan juga Cappucino setidaknya mempunyai 10 mm foam dengan taburan serbuk coklat diatas. Barista "Pembuat kopi" yang bagus selalu menghasilkan secangkir kopi cappucino yang pas dan nikmat seperti gambar disamping.

2. Flat White
Photo Credit: Antifrost
Tipe kopi ini adalah saudara kembarnya si abang Cappucino. Perbedaannya hanyalah jumlah foam yang dimiliki si imut Flat white ini. Berbeda dengan abangnya Cappucino, Flat White cenderung lebih rendah hati dimana anda dapat lihat gambar disamping foamnya si flat white tidak melebihi tingginya gelas tersebut. Dengan lebih terperinci, flat white hanya memiliki tinggi foam 5mm saja. Akan tetapi, rasa kopi di flat white cenderung lebih lemah dari cappucino. Itu dikarenakan susu di secangkir flat white lebih banyak daripada di cappucino.


3. Caffe Latte
Di lain sisi, Caffe latte selalu dihidangkan di gelas. Sama seperti Cappucino, caffe latte mempunyai foam setinggi 10mm. Caffe latte seakan seperti cappucino dengan penampilan beda. Caffe yang artinya kopi dan latte yang artinya susu membuktikan bahwa Caffe latte sendiri memiliki susu lebih banyak dari cappucino .Sekali lagi, Caffe Latte  selalu dihidangkan di gelas bukan di mug seperti cappucino. Perbedaan lainnya adalah foamnya caffe latte itu tepat dibawah mulut gelas dibandingkan cappucino dimana foamnya seakan mau jatuh keluar.


4. Long Black (Americano)
Photo credit: therainbowfish
Tipe kopi ini sering dikenal sebagai kopi abang-abang. Cara membuatnya hanya 1 shot espresso diatas secangkir air panas. Bau air yang terbakar dan juga espreso berwarna keoranye itu membuat lidah yang akrab dengan kopi khas Indonesia cocok dengan jenis kopi ini. Long Black yang artinya jenis kopi yang diminum pelan-pelan "Long" dan berwarna hitam "Black". Sebutan akrab kopi ini adalah Americano.

5. Short Black (Espresso)
Si kecil ini namanya short black ataupun adiknya Americano. Short black merupakan bahan dasar dari berbagai kopi seperti diatas, hanyalah short black ini sangat diminati pencinta kopi berat. Rasanya yang pahit sekali  cocok diminum sebagai tamparan semangat dimana anda sedang mengantuk atupun malas-malasan. Short black ini memiliki ciri khas warna oranye kecoklatan dimana itu adalah minyak si kopi tersebut yang membuat orang-orang jatuh cintah kepadanya.


6. Mocha 
Tipe kopi ini cocok bagi pecinta coklat tetapi tidak begitu suka minum kopi. Mocha bahannya seperti Cappucino tetapi dengan tambahan coklat. Dengan kata lain. Mocha itu adalah Kopi Coklat. Tergantung dari kualitas coklat yang dipakai, mocha bakal memiliki rasa berbeda. Rasa manis dan pahit dari coklat tersebut ditambah rasa kopi ini sungguh memanjakan lidah tukang ngemil dan setia menemani genk nongrkong anda.

Sudah tahukan kopi apa yang anda bakal pesan? 

3 comments:

  1. Thank you for your smart and detailed information for non-coffee drinker like me (who often tried to drink but failed).
    Btw I like your last statement of:
    "Mocha: memanjakan lidah tukang ngemil dan setia menemani genk nongkrong anda"

    ReplyDelete
  2. This helps me a lot esp when I (coffee-amateur) were asked to order coffees for older people who can't differ varieties of coffee either!

    ReplyDelete
  3. hahaha
    hihihi

    mana novelny?
    lage ngangur ni

    ReplyDelete