Wednesday, April 18, 2012

Tips memilih Laptop



Tentu saja banyak laptop tersedia di pasaran, tinggal anda mengeluarkan duit saja untuk membelinya. Tidak juga banyak yang bingung dalam hal memilih laptop dikarenakan spesifikasi, model yang kebanyakan berbeda-beda dari yang lain. Tidak sedikit juga yang akhirnya menyesal telah membeli laptop dengan harga yang mahal dan tidak menemukan sesuatu kepuasan terhadap si barang kesayangannya. Bukan hanya itu, banyak juga yang membeli laptop yang mahal dan memiliki banyak fungsi, akan tetapi akhirnya laptop dipakai sehari-hari untuk browsing, word processing dan main minesweeper. Sungguh membuang-buang duit bukan? Berikut tips dasar dalam memilih laptop anda dan jadilah pembeli yang intel.

1. Kebutuhan

For illustration only
Inilah kategori yang paling penting, lihatlah kebutuhan anda. Telitilah dalam hal ini, karena kebutuhan anda terhadap kegunaan laptop bakal menentukan faktor spesifikasi dan harga laptop yang akan anda beli. Tidak jarang saya menemui anak-anak muda sekarang yang membeli laptop dikarenakan mengikuti jaman atau hanya dikarenakan ingin kelihatan keren dan beken. Dimana pada akhirnya, si laptop tersebut terbengkalai karena dalam satu tahun telah keluar model terbaru dan lebih bagus. Banyak juga yang menyesal telah membeli dengan harga mahal dan kemudian menemukan tawaran yang jauh lebih murah.

Perlu diketahui, perkembangan teknologi sangatlah cepat. Model laptop yang baru makin sering bermunculan dalam waktu satu minggu. Percayakah anda kalau laptop model terbaru anda berkurang nilai jualnya sebesar 10% setelah 1 minggu anda membelinya? Bahkan sewaktu anda membawanya keluar toko, nilai harga barang tersebut telah mulai turun. Hal tersebut kebanyakan disebut depresiasi, akan tetapi bukan hanya itu yang menentukan sebab harga laptop anda turun. Hal tersebut ditambah dengan permintaan pasar. Ingatlah kalau perusahaan-perusahaan berusaha menarik konsumen-konsumen yang berada di dalam mangkuk besar yang dimana skala bertambahnya konsumen baru (Mencari produk) sangat rendah dibandingkan skala konsumen yang keluar (telah membeli produk tersebut). Persaingan sangat ketat, beberapa merek laptop terkenal seperti Toshiba (Si tahan panas), Acer, ASUS (Servis terbaik), Fujitsu (Pilihan cewek), Vaio dll. Salah satu cara untuk menarik lebih banyak peminat atau menambah konsumen yang mencari produk laptop adalah dengan mengeluarkan model-model terbaru, model yang menargetkan konsumen tertentu ataupun perang harga, lalu apa yang terjadi dengan model lama? Tentu saja turun harganya.

Untuk mempermudah anda dalam menentukan laptop anda, tentukanlah kebutuhan anda. Berikut saya uraikan tiga dasar kebutuhan orang terhadap kegunaan laptop.
a. Portable for work
Anda perlu membawa kemana-mana laptop anda untuk keperluan kerja? Belajar di Universitas? Anda hanya mengunakan word processing software, dengar lagu dan nonton video dengan pixel rendah saja sudah cukup? Anda hanya pakai laptop tersebut browsing internet saja? Maka inilah kebutuhan laptop anda, dimana anda mengutamakan mobilitas, gampang dibawa, gampang disimpan di tas jinjing atau handbag. 
b. Designer in action
Anda seorang designer, anda perlu grafik yang bagus untuk menentukan warna hasil design anda. Anda lebih sering memakai laptop untuk menonton film dalam skala Full-HD, sesekali memakai word processing, sesekali main game tingkat menengah alias mini games atau game yang tidak memerlukan spesifikasi tinggi. Anda memakai laptop anda untuk bekerja dan juga sebagai hiburan sebentar. 
c. Hardcore Gamer
Anda lebih sering memakai laptop anda untuk hiburan, lebih mengutamakan spesifikasi tinggi untuk menjalankan game-game canggih seperti "Crysis 2, Mass Effect 3, Far Cry 2, Battlefield 3 dan lain-lain", Anda sering membawanya kemana-kemana untuk bermain bersama teman anda. Menonton film bluray di laptop anda. Hampir 90% anda memakai laptop untuk main game saja. 

2. Jenis Laptop
Setelah anda mengetahui kebutuhan anda, maka sekarang saatnya memilih jenis laptop anda. Ingatlah, belilah laptop anda sesuai dengan kebutuhan anda. Karena bila tidak, penyesalan akan menghantui anda. Laptop lebih mahal dari PC dikarenakan anda membayar lebih untuk hal mobilitas. Anda dapat membeli laptop dengan harga segitu dimana anda dapat membeli PC dengan harga segitu tetapi dengan kemampuan 3 kali lipat dari si laptop yang anda beli tersebut. Percaya, tidak percaya anda boleh cek harga di pasaran. 

ASUS Netbook eepc
Bila anda seorang pekerja berat, atau masuk dalam kategori a diatas, maka laptop yang sesuai dengan kebutuhan anda merupakan laptop "netbook", laptop yang baterainya lebih tahan lama dikarenakan laptop tersebut memakai processor berkekuatan rendah yang tidak memakan listrik atau disebut dengan ATOM. Harga laptop jenis ini paling murah, spesifikasinya tidak tinggi. Anda hanya dapat memakai laptop netbook tersebut untuk word processing, browsing, dengar musik, nonton video dan main game sederhana. Netbook ini mengutamakan mobilitas dikarenakan sangat ringan dan kecil. Dilain hal, tanpa dicolok charger, laptop netbook tersebut dapat tahan sampai 10 jam dibandingkan dengan laptop canggih yang hanya 1-2 jam saja. Salah satu produk netbook di pasaran adalah ASUS eepc. Acer, Toshiba, Sony juga mengeluarkan laptop jenis ini. 

ASUS N-Series
Bila anda seorang designer yang mengutamakan kualitas gambar, maka anda harus memilih laptop jenis multimedia. Laptop ini memiliki VGA card 512mb-1GB papan menengah yang cukup bagus untuk designer. VGA card yang menentukan kualitas gambar anda. Di lain hal, laptop "multimedia" ini memiliki processor yang cukup kuat untuk render hasil design anda sehingga anda tidak perlu menunggu 1-2 hari untuk hasil render video anda. Mungkin saja anda memerlukan kualitas suara yang mendukung, beberapa laptop multimedia ini memberikan audio dengan kualitas bagus seperti built-in Altec Langsing dll. Memory yang disediain juga mencukupi kebutuhan designer. Memory yang biasa dipakai adalah ukuran 4GB RAM - 8GB RAM. Hal tersebut tergantung kegunaan anda processor anda. Bila anda memilih processor Intel core i7, maka saya menyarankan anda untuk memilih speks dengan memory 8GB RAM. Sebagai pengguna setia merek ASUS, saya dapat memberikan info-info produk asus. Bila anda mengunjungi website asus, anda dapat menemukan rangakain produk yang tersedia dalam kategori multimedia. Kebanyakan laptop multimedia ASUS berseri N.

ASUS Republic of Gamers series
Bila anda seorang gamer sejati, tidak melewatkan game-game dengan kapasitas tinggi. Memerlukan memory yang tinggi, VGA Card yang canggih, Audio yang memukau, Processor yang cepat. Maka anda memilih laptop khusus gamer seperti ASUS Republic of Gamers, Dell Alienware dll. Laptop tersebut biasanya memiliki speks VGA Card 1GB - 2GB papan atas seperti GTX520 NVDIA keatas atau Radeon kelas premium. Harga laptop bukan main mahalnya, Ingatlah kegunaannya. Bila anda jarang membawanya keluar, mendingan niat anda membeli laptop gamer diganti menjadi PC Gamer. Harga laptop gamer sekarang sekitar Rp20jtaan, dimana anda dapat membeli PC Gamer dengan harga yang sama tetapi kemampuan tiga kali lipat ataupun membeli dengan kemampuan laptop yang sama tetapi 3 kali lebih murah. Di sisi lain, laptop gamer besar dan tebal. Hal tersebut dikeranakan chips dan kipas yang diperlukan besar. Processor dan VGA card premium datang dengan satu kerugian, yaitu cepat panas. Maka itu, tidak jarang anda menumakan laptop gamer yang bisa anda pakai untuk memangang roti ataupun merebus telur. Maka itu, laptop tersebut memerlukan ventilasi udara yang canggih untuk setiap saat mendinginkan perangkat yang panas ketika sang gamer asik mengebur-ngebur laptop dengan game super canggih. 

3. Merek dan Servis
For illustration only
Bukan berarti saya hanya memilih laptop jenis tertentu, maksud saya menjadikan merek sebagai kategori dalam memilih laptop anda adalah tingkat servis dan perangkatnya. Dengarlah isu-isu dipasaran, Toshiba terkenal laptop tahan banting dapat bertahan sampai 5 tahun, ASUS dengan servis terbaik. Tidak sedikit juga merek lain yang sering di cemooh karena sering mengalami masalah. Oleh karena itu, anda harus cermat memilih merek dan kualitas servisnya. Lihatlah garansi nya. ASUS menyediakan garansi international, jadi bila anda membeli produk tersebut di Taiwan dan pindah ke Indonesia, bila laptop anda rusak dan masih bergaransi, anda dapat langsung bawa ke service centrenya tanpa biaya apapun. Pernah sekali laptop ASUS saya rusak dan saya menelepon customer service ASUS, dengan permintaan khusus, ASUS mengirimkan kurir DHL untuk menjemput laptop saya untuk diperbaiki. Sungguh luar biasa bukan kualitas servisnya? 

Tetapi di Indonesia, banyak perusahaan laptop yang belum memiliki service centre, maka itu anda harus cermat dimana anda membeli laptop tersebut. Tanyakanlah bila laptop anda bermasalah dan solusinya bagaimana. Kebanyakan toko akan memberikan anda servis bawa ke toko mereka dan mereka akan membantu anda membawanya ke servis centre perusahaan tersebut. Tetapi jgn lupa banyak juga toko komputer yang kemudian hari mengingkar janjinya dan menyuruh kita sendiri membawanya ke servis centre. 

Bila anda tidak mau direpotkan dengan hal begitu, lakukanlah research dan lihatlah laptop mana yang memiliki pusat servis centre di kota anda dan belilah merek tersebut. Maka bila terjadi kerusakan anda dapat langsung menjuju servis centre tersebut tanpa harus repot-repot melewati toko dimana anda beli yang biasanya memakan waktu lebih lama dibanding anda langsung membawanya ke servis centre tersebut. 




5 comments:

  1. Thank you for your helpful and easy-to-understand information. It seems like ASUS definitely outshines other brands from your viewpoint. My sis is using ASUS too though LOL.

    ReplyDelete
  2. CK, klo mau laptop yg bisa otomatis ngerjaen assignment ada gak?

    ReplyDelete
  3. mau tanya, laptop yang bagus buat browsing , buat video pake adobe premiere dll , nonton film itu laptop yang bagus apa ya? kalo Asus X-45U / Asus A-46CB itu bagusan yang mana? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya si saranin kalo buat software rendering jangan beli laptop. apalagi kalo buat rendering pake adobe. Biasa memakan memory banyak. Mending beli PC yang bisa dirakit atau di tambahin perangkatnya tanpa harus menganti semuanya yang baru. Laptop kalau dipakai rendering entar enga tahan di video cardnya, kepanasan. Bisa2 overheat. Kalo overheat bisa ngerusak CPU atau videocard nya sendiri.

      Delete
  4. sy lg cari laptop buat,,ntn online,,,browsing,,,ntn youtube,,kira2 spec apaya mas...intel celeron,,,intel atom,,,amd,,,sy binggung,,,mau corei3 tp budget terbatas,,,bantuin dunk,,,thankss

    ReplyDelete